Ziarah

MASJID  JA’RONAH

Sebuah kampung yang terletak 16 km dari Mekkah, Merupakan tempat miqat atau perbatasan wilayah dimana harus memakai pakaian ihram dan berniat ihram, sebagai syarat memasuki tanah suci Mekkah bagi orang asing / penduduk ahli Mekkah, untuk Umrah atau Haji.

Rasulullah SAW dan para sahabatnya mengambil Miqat Umrohnya. Ji’ronah merupakan miqat paling tinggi derajatnya dibanding miqat yang lain. Ji’ronah adalah nama seorang wanita yang mengabdikan dirinya untuk membersihkan dan menjaga mesjid tsb.

MASJID  TAN’IM

Nama sebuah desa yang terletak 6 km dari Mekkah yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu tempat miqat, desa ini sangat ramai dibanding tempat miqat lainnya yang begitu dekat dengan Mekkah.

Miqat Tan’im ini disebut juga miqat ‘Aisyah’ karena pada awalnya miqat ini dipergunakan oleh Aisyah RA. Diriwayatkan bahwa ketika baru selesai menunaikan ibadah haji bersama Rasulullah SAW, Aisyah RA melanjutkan ibadah Umrah untuk memulai ‘ihram umrah’ itulah Nabi Muhammad SAW menyuruh Aisyah RA berangkat ke Tan’im dan memulai ihramnya dari lokasi tersebut.

MASJID  HUDAIBIYAH

Hudaibiyah (Syumaisi), tempat Nabi terhalang memasuki Makkah untuk menunaikan umrah pada tahun ke 6 Hijrah.  Di sinilah berlakukan Perjanjian Hudaibiyah di antara Nabi dengan orang Quraish Makkah.

PADANG  ARAFAH

Arafah, adalah sebuah padang yang sangat luas, dikelilingi oleh bukit-bukit, yang letaknya kira-kira 25 KM dari pusat kota Makkah. Di sinilah tempat mereka yang sedang ber Ibadah Haji mengerjakan Wukuf 9 Dzulhijjah, yang merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah haji.

MASJID  NAMIRAH

Masjid yang mengarah ke barat termasuk Arafah. Masjid ini sekarang sangat luas, berukuran kurang lebih 8000 meter persegi, memiliki 64 pintu masuk, 6 menara, dan bisa memuat 350 ribu orang untuk solat didalamnya.

Masjid Namirah dikenal juga dengan julukan masjid Ibrahim atau masjid Arafah. Dinamakan Namirah karena letaknya berdekatan dengan bukit kecil yang berada di sebelah barat Masjid. Bukit ini bernama bukit Namirah.

JABAL  RAHMAH

Puncak Jabal Rahmah, tempat bertemunya Nabi Adam AS dan Siti Hawa, adalah sebuah tempat yang di puncaknya terdapat tugu putih. Menurut riwayat, Nabi Adam AS dan Ibunda Siti Hawa setelah diturunkan dari surga akhirnya bertemu di Padang Arafah dan berkumpul di Jabal Rahmah ini setelah selama 100 tahun berpisah.

Yaitu tempat bertemunya Nabi Adam as dan Hawa setelah keduanya terpisah saat turun dari surga. dan Peristiwa pentingnya adalah tempat turunnya wahyu yang terakhir pada Nabi Muhammad saw, yaitu surat Al-Maidah ayat 3.

MUSDALIFAH

Muzdalifah, yaitu tempat bermalam bagi jama’ah Haji dalam perjalanannya dari Arafah menuju ke Mina, juga menjadi tempat mereka mencari batu kerikil untuk keperluan melontar tiga Jumroh pada hari-hari di Mina.

M I N A

Mina, tempat melempar tiga Jumrah Mina, adalah sebuah bandar kecil di sebelah timur kota Makkah, dengan jarak kira-kira 7 KM dari pusat kota Makkah. Di sinilah terletaknya jumroh tempat melontar batu dilakukan, dan tempat penyembelihan hewan qurban setiap tahunnya.

JAMARAT / JUMROH

MASJID  KAIF

Masjid Khaif, merupakan sebuah masjid tertua yang terdapat di Mina. Menurut riwayat Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Di Masjid ini pernah bersholat di dalamnya 70 para Nabi, diantaranya adalah Nabi Musa AS”. Masjid Khaif ini telah ada sebelum agama Islam lahir.

|

Berikut ini adalah tempat-tempat bersejarah, meskipun bukan rukun haji, namum biasa dikunjungi oleh para jemaah haji atau peziarah lainnya :

JABAL  NUR

Jabal Nur, adalah sebuah gunung yang tidak begitu tinggi, jaraknya kira-kira 6 KM saja dari pusat kota Makkah. Di atas puncaknya agak menurun sedikit, terdapat sebuah gua yang sangat bersejarah dan terkenal bernama Gua Hira, yang merupakan tempat permulaan turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

GUA  HIRA

Gua Hira adalah sebuah gua kecil di Jabal Nur yang letaknya sekitar 5 km di utara Makkah. Tinggi Jabal Nur kira-kira 200 meter dan dikelilingi gunung dan bukit batu serta jurang yang curam. Nabi Muhammad SAW menerima pesan pertamanya untuk berkhotbah Islam sementara dia sedang berdoa di gua ini dan wahyu pertama (Q.S. AL-’alaq 1-5)

[Q.S. 96] AL-’alaq – Surah SEGUMPAL DARAH

Bacalah dengan [menyebut] nama Tuhanmu Yang menciptakan, (1)
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. (2)
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, (3)
Yang mengajar [manusia] dengan perantaraan kalam. (4)
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (5)

JABAL TSUR / GUA TSUR

Gunung tertinggi di kota Mekkah terletak 5 km dari kota Mekkah, gunung Tsur memiliki 3 puncak yang bersambungan dan berdekatan, dipuncak gunung ini terdapat gua yang bernama gua Tsur tempat Nabi Muhammad SAW saw dan Abu Bakar RA bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy, peristiwa terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah akan hijrah ke Kota  Madinah.

DAAR  MAULID  NABI

Daar Maulid Nabi yaitu rumah kelahiran Nabi SAW yang terletak dikampung Suuq Lail (dulu terkenal dengan sebutan Pasar Seng) yang jaraknya hanya 150 meter dari Masjidil Haram arah depan pintu Baabussalam.

Disitulah Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal (tahun 571 M) yang dikenal dengan Tahun Gajah.  Saat ini lokasi Daar Maulid Nabi adalah gedung perpustakaan umum. Dan tidak pernah dibuka, karena dikhawatirkan akan menimbulkan syirik bagi umat Islam yang memasuki tempat tersebut.

MESIUM  HARAMAIN

Museum Haramain terletak di Ummul Joud Kota Makkah. Museum ini menyimpan benda-benda dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ada potongan pilar Kabah yang bentuknya sudah seperti kayu fosil berwarna cokelat tua, disimpan bersama kunci pintu Kabah dari kayu, juga berwarna cokelat tua. Pintu Kabah selalu dikunci dan pemegang kunci sudah turun-temurun dari satu keluarga, sejak sebelum Nabi lahir.

PEMBUATAN  KALIGRAFI  KISWAH

Kiswah adalah kain penutup sisi kubus ka’bah. Tempat ini berada di Ummul Joud makkah. Kiswah ka’bah ini teridri dari 5 potong, 4 untuk sisi ka’bah, dan satu untuk pintunya serta diganti setiap tanggal 9 Dzulhijah.

Kalimat yang tertera dalam pintalan benang emas kiswah adalah Kalimah Syahadat “Allah Jalla Jalalluh La Illaha illallah” Surah Ali-Imran:96, Al-Baqarah:144, Al-Fatiha, Al-Ikhlas.

MASJID  JIN

Masjid Jin letaknya 1,5 km sebelah utara dari Masjidil Haram. Tepat dekat pemakam Ma’la. Masjid ini disebut juga dengan nama masjid Al-Bai’ah karena ditempat itulah para jin berbai’at (berjanji) kepada Rasulullah SAW untuk beriman kepada Al-Quran dan ajaran yang dibawa Rasulullah SAW.

MASJID  KUCING

Masjid kucing letaknya 750 m sebelah utara Masjidil Haram atau tepatnya di ujung Pasar Seng. Beberapa riwayat menyebutkan disini adalah rumah sahabat Abu Hurairah. (Abu Hurairah artinya Bapaknya Kucing).

Karena kecintaan beliau kepada kucing inilah Rasulullah memanggil sahabat ini dengan Abu Hurairah. Hanya jamaah Indonesia saja yang menyebutnya Masjid Kucing, kalau orang Arab menyebutnya Masjid Abu Hurairah.

PETERNAKAN  UNTA

Peternakan unta di Hudaibiah. peternakan Unta di Hudaibiyah kira-kira 1 km dari Masjid Hudaibiyah. Disana bagaimana kita dapat melihat Unta di ternakkan dan dapat mencoba untuk meminum Susu unta yang Manis segar.

 |

Jabal Uhud

Letaknya kurang lebih 5 km dari pusat kota Madinah. Di bukit inilah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin melawan kaum musyrikin Mekah. Dalam pertempuran tersebut gugur 70 orang syuhada di antaranya Hamzah bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad saw.

Kecintaan Rasulullah saw pada para syuhada Uhud, membuat beliau selalu menziarahinya hampir setiap tahun. Untuk itu, Jabal Uhud menjadi salah satu tempat penting untuk diziarahi.

 |

Makam Baqi’

Baqi’ adalah tanah kuburan untuk penduduk sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. Jamaah haji yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi’, letaknya di sebelah timur dari Masjid Nabawi. Di sinilah makam Utsman bin Affan ra, para istri Nabi, putra dan putrinya, dan para sahabat dimakamkan. Ada banyak perbedaan makam seperti di tanah suci ini dengan makam yang ada di Indonesia, terutama dalam hal peletakan batu nisan.

|

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s